Sekilas Tentang ‘sangmutarobbi’

Saya adalah seorang mu’allaf. Sebenarnya saya mengenal agama baru ini sudah sejak kecil. Karena saya dilahirkan di keluarga yang berbeda agama. Keluarga bapak –begitu saya biasa memanggilnya- adalah keluarga Katholik. Sedangkan keluarga ibu –di rumah saya biasa memanggilnya mama- adalah keluarga Islam.

Saya menjadi mu’allaf pada tahun 1996. Tepatnya saat itu saya baru duduk di kelas 5 SD Negeri 05 Pagi Cempaka Putih Barat, yang sebelumnya saya di SD. St. Fransiskus 1 Senen. Pendidikan saya lanjutkan ke SMP Negeri 77 dan SMU Negeri 77 Jakarta. Dan saat ini saya adalah seorang mahasiswa semester 9 di kampus negeri yang terletak di pusat kota Jakarta. Jurusan matematika adalah pilihan saya. Bukan karena saya suka dengan matematika tetapi lebih karena pesan terakhir (wasiat) bapak sebelum beliau meninggal. Semoga Allah Swt memberikan kekuatan kepada hati ini untuk tetap istiqomah hingga terpenuhi cita-cita.

Sejak SMP saya termasuk orang yang jarang berada di rumah alias bukan anak rumahan. Di SMP saya ikut ekskul basket dan telah mengikuti beberapa kejuaraan baik tingkat regional maupun propinsi. Namun sayang di SMA saya harus rela tinggalkan itu semua. Saya bergabung dengan ekskul yang menurut saya lebih baik daripada hanya sekedar olahraga. Ya, itulah ROHIS. Di sana saya mendapatkan sesuatu yang berbeda, olahraga ditambah bumbu keimanan. Kata pepatah, bila hati sudah terpaut apa daya tangan tak sampai. Itulah yang terjadi karena selanjutnya saya merasakan kenyamanan berada di ROHIS. Setiap jum’at saya ikut mentoring, ahad main futsal di halaman sekolah, dan sehari-harinya selalu berkutat dengan pelajaran. Ekskul yang benar-benar perfect, menurut saya. Kenapa? Karena disana saya dapatkan asupan untuk jasmani, ruhani, dan akademik. Ini terbukti, hampir sekitar 90% anggota ROHIS diterima di PTN favorit. Subhanallah, semoga ilmu yang mereka timba berguna bagi diri, keluarga, dan ummat di masa mendatang.

Dari ROHIS pula saya mengenal suatu organisasi perkumpulan pelajar muslim se-Indonesia. Namanya KAPMI, Kesatuan Aksi Pelajar Muslim Indonesia. Kalau dirunut saya terdaftar sebagai pengurus angkatan ke-4 dari Jakarta Pusat. Sampai sekarang saya masih memiliki tanggungjawab untuk kemajuan dan perkembangan KAPMI. Apalagi hingga hari ini KAPMI sudah didirikan di 15 daerah, termasuk DKI. Di Miladnya yang ke-9, KAPMI diharapkan menjadi pemersatu dan pembawa cahaya pembaharuan di pelajar muslim yang kabarnya mulai antiklimaks dalam pergerakannya.

Di kampus yang sering dijuluki sebagai kampus hijau ini, saya melanjutkan pembelajaran organisasi saya. Awalnya saya punya dua pilihan, KAMMI dan BEM. Ternyata setelah mengonsultasikannya kepada kakak-kakak tingkat saya mantapkan pilihan untuk bergabung di BEM. Tapi alhamdulillah, komunikasi saya dengan ketua KAMMI di kampus saya masih berjalan intens. Saya pun banyak mendapat informasi pergerakan kampus dari beliau. Belajar banyak dari beliau, di tahun kedua saya putuskan untuk langsung berkiprah di BEM Fakultas. Di sana juga saya mendapatkan pelajaran yang amat berharga yang tak mungkin bisa ditukar dengan apapun. Di tahun berikutnya saya mencoba mengisi kekosongan di wilayah legislatif. Akhirnya di tahun ketiga saya berjuang bersama kawan-kawan di BPM Fakultas.

Banyak suka duka ketika di BPM. Mulai dari permasalahan internal yang pelik hingga persoalan hubungan diplomatik dengan organ lain. Sampai pada akhirnya, saya mengundurkan diri dari BPM di akhir tahun kepengurusan. Bukan karena saya mangkir dari tugas dan amanah. Tapi ini adalah konsekuensi jika ia maju kedalam pemilihan Ketua Umum BEM UNJ. Ya, di tahun keempat ini saya mendapatkan amanah yang saya pun tidak ingin memikulnya. Namun kawan-kawan berkata lain sehingga menginginkan saya maju dalam pemilihan itu. Bersama dengan 3 orang kandidat lainnya, saya memulai dengan sedikit keragu-raguan yang masih melekat di hati. Tetapi setelah banyak orang-orang disekeliling saya memberikan support yang besar. Alhamdulillah, Allah Swt berikan ketenangan walau belum mampu menutupi keragu-raguan itu.

To be continued….

Kamu bisa lihat juga di : bemunj.blogspot.com ; sangmutarobbi.blogspot.com

Iklan