Assalammu’alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh

Ahmadu ilaikumullahalladzii laailaha illahuw, wausholli wausllimu ’ala sayyidinaa muhammadin imaamil mushlihin wasayyidinal mujahidin, wa’ala aalihi washohbihi wattabi’in. Kita panjatkan puji kehadirat Allah SWT yang tiada Tuhan melainkan Dia. Semoga shalawat dan salam tetap tercurah kepada junjungan kita, Muhammad, Imam para pembaru dan penghulu para mujahid. Juga kepada keluarga, sahabat dan para tabi’in.

Ikhwan wa akhwat fillah….

Da’wah siyasi merupakan keniscyaan yang harus diambil oleh para prajurit da’wah. Itulah yang dilakukan para masayikh da’wah. Ternyata medan siyasi memiliki pengaruh yang besar terhadap kehidupan masyarakat. Jika pengaruh yang diberikan adalah kebaikkan, maka kehidupan masyarakat juga baik, begitupun sebaliknya. Oleh sebab itu, Rosul mengajarkan untuk berda’wah di medan ini.

Namun, seiring berkembangnya zaman, da’wah Siyasi juga membuat para prajutinya terbawa oleh arus zaman.

Ikhwan wa akhwat fillah…

Kepada apa kita menyeru selama ini di da’wah Siyasi ?

Da’wah Siyasi bukanlah sebuah kebanggaan, tapi ini adalah medan perjuangan yang penuh dengan amal, jika melaksanakanya dengan benar dan jiddiyah yang besar.

Da’wah Siyasi bukanlah kepopuleran, tapi ini adalah medan perjuangan yang penuh kehinaan di mata Allah, jika kita menyalahgunakan amanah yang sudah Allah berikan.

Da’wah Siyasi bukanlah da’wah main-main, tapi ini adalah medan perjuangan yang membutuhkan orang-orang yang serius, serius untuk berjuang dengan lurusnya niat.

Da’wah Siyasi bukanlah da’wah yang penuh dengan mudharat, tapi ini adalah medan perjuangan yang penuh dengan kebermanfaatan

Ikhwan wa akhwat fillah…

Sadarkah antum, bahwa antum yang dicap sebagai aktivis oleh orang awam akan menjadi qudwah bagi mereka. Ingat akan firman Allah SWT :

Wahai orang-orang beriman !!! Mengapa kamu mengatakan sesuatu yang tidak kamu kerjakan? Itu sangatlah dibenci Allah jika kamu mengatakan apa-apa yang tidak kamu kerjakan. (As-Saff : 2-3)

Antum yang paham akan Islam,baik tauhid, fiqih dan muamalah. Bahkan sering mengingatkan orang lain baik secara fardiyah ataupun melalui metode halaqoh ke binaan antum. Mereka melihat korelasi antara lisan dan perilaku antum.

Ikhwan wa akhwat fillah….

Menjadi prajurit da’wah itu memang berat, inilah jalan menuju surga, jalan untuk bisa berkumpul dengan masayikh da’wah yang sudah mendahului kita, jalan bertemu dengan Allah dan Rosul-Nya.. Hanya mereka-mereka yang istiqomah yang akan berhasil mencapai jannahNya dengan berbagai resiko yang akan dihadapi.

Tetapi…

Bagi mereka yang main-main di jalan da’wah ini, siap-siap saja untuk terhempas dari jalan mulia ini.

Bagi mereka yang berorientasi dunia di jalan da’wah ini, siap-siap saja untuk kecewa.

Bagi mereka yang menyalahgunakan amanah di jalan da’wah ini, siap-siap saja amal yang dilakukan akan sia-sia.

Bagi mereka yang menasehati orang, tetapi secara sembunyi-sembunyi melanggar apa yang dikatakan, siap-siap saja Allah akan membukanya dan dibenci oleh-Nya.

Ikhwan wa akhwat fillah…

Jangan kotori da’wah Siyasi ini dengan perilaku kita

Jangan kotori da’wah Siyasi ini dengan niat tidak benar kita

Jangan kotori da’wah Siyasi ini dengan hawa nafsu kita

Jangan kotori da’wah Siyasi ini dengan ego kita

Jangan kotori da’wah Siyasi ini dengan kesombongan kita

Jangan kotori da’wah Siyasi ini dengan hal-hal lain yang membuat keberkahan da’wah itu hilang

Yang kita dapatkan adalah kelelahan fisik, kita akan meras cape, keluh kesah, kecewa. Ini tanda bukti ruhiyah kita yang kering.

Ikhwan wa akhwat fillah…

Semoga surat ini menjadi bahan instrospeksi diri terhadap amanah Siyasi yang selama ini Allah titipkan kepada kita. Allah masih memberikan kesempatan kepada diri kita untuk memperbaiki kesalahan yang selama ini sengaja atau tidak kita lakukan.

Tidak pernah saya memaksa orang untuk bersikap tegas dan berdiri sebarisan dengan saya. Akan tetapi, perlu saya nyatakan pada kalian : sesungguhanya da’wah tidak akan pernah berkumandang walau sehari sekalipun jika ditangani oleh orang yang ragu-ragu dan tidak punya pendirian. (Hasan al-Hudhaybi)

Ikhwan wa akhwat filah…

Mari penuhi kembali ruhiyah kita dengan sholat wajib dengan lebih memaknai sholat, sholat rawatib untuk menutup amal-amal yang kurang;, tilawah 1juz perhari dengan lebih memaknai bacaan, bukan sekedar kejar target;sholat malam kita untuk mendekatkan diri kepada Allah bukan maksud yang lain, agar pertolongan Allah datang; tarbiyah/halaqoh pekanan kita untuk menjaga ibadah yaumiyah kita,mencharges tenaga da’wah kita, hadir halaqoh dengan bersemangat dan kelurusan niat, bukan agar mendapat identitas sebagai aktivis atau mendapat yang lain.

Berikutnya diserahkan kepada kita semua, ingin menjadikan diri kita seperti apa.

Wallahua’alam bis showab

Wassalammu’alaikum Warohmatullahi Wabarokaatuh

Iklan