ODOJ itu tentang kebiasaan tilawah. Kebiasaan yang diulang menghasilkan suatu budaya, culture. Budaya itu hasil pembiasaan yang dapat dipelajari. Budaya itu diperlukan untuk benteng kehidupan pribadi kita dan keluarga. Serta berpotensi menjadi amalan unggulan di hadapan Alloh Ta’ala. In syaa Alloh..

Departemen Penelitian dan Pengembangan, lebih dikenal dengan Departemen Litbang, merupakan departemen yang disiapkan untuk mengawal proses perkembangan komunitas menuju virtual organisation yang kuat dan mampu menjawab tantangan zaman. Continous improvement dimana setiap anggota berpikir dari tiga sudut pandang, yaitu input, proses, dan ouput.

Komunitas One Day One Juz dipermulaan kehadirannya telah mendapatkan antusiasme masyarakat yang ingin lebih dekat dengan Qur’an. Lebih dari 100.000 anggota (member) yang bergabung dalam komunitas. Perlu penguatan baik pengurus dan juga tim grass root agar kokoh melayani member. Apalagi tersebar di berbagai penjuru Nusantara dan Negara. Ini adalah capaian fantastis yang perlu disyukuri oleh pendiri dan pengurus dengan mempersiapkan diri lebih baik.

Litbang berusaha menjadi elemen yang tidak terpisahkan dalam proses developt  setiap bidang yang ada di Komunitas, dengan memastikan bahwa semua program/ produk yang dijalankan berkorelasi positif terhadap visi/tujuan Komunitas. Adapun tujuan Komunitas yang tertuang dalam AD/ART yakni membudayakan tilawah one day one juz dan kegiatan yang berkaitan dengan interaksi bersama al-Qur’an demi terciptanya masyarakat Qur’ani.

Mari kita perhatikan, terdapat beberapa unsur yang perlu diperjuangkan dalam tujuan Komunitas tersebut. Pertama, Membudayakan Tilawah al-Qur’an masyarakat. Kedua, Create Kegiatan Komunitas sesuai aturan Qur’ani. Ketiga, Peningkatan Interaksi Bersama al-Qur’an. Ketiganya penting dipahami dalam implementasi sehari-hari, khususnya pengurus.

Budaya atau culture menurut KKBI merupakan sesuatu yang sudah menjadi kebiasaan yang sudah sukar diubah. Sedangkan kata membudayakan dalam KKBI ialah membiasakan suatu perbuatan yang baik sehingga dianggap sebagai berbudaya. Islam mengajarkan aktivitas dakwah sebagai metode pengajaran menuju proses pembiasaan perilaku yang baik. Segala upaya yang dilakukan oleh pengurus/admin menuju proses pembiasaan setiap member Komunitas masuk dalam aktivitas dakwah, ya dakwah Qur’an. Oleh karena itu, penting dilakukan pembinaan pengurus/admin dalam memahami seluk-beluk dakwah baik bersifat ushul, dhawabit, dan fiqh sehingga tercipta pengurus/admin yang arif, sholih, dan bijaksana.

Misal saja, perlakuan removed member dengan maksimal 3 hari yang tidak berkabar. Jika ditinjau dari pandangan dakwah, maka admin memiliki kewajiban melekat sebagai seorang da’i yang hendak memberikan pengajaran dakwah yakni membudayakan tilawah pada diri member. Ilmu dan kesholihan yang dimiliki seorang admin akan membawa pada situasi yang lebih arif dan bijak dalam menangani member yang tidak berkabar. Pahami dan hargai kesulitan mereka dalam membiasakan diri tilawah sesuai target 1 juz perhari. In syaa Alloh, tidak mengurangi kewibawaan admin di hadapan member lainnya. Ya, there is no best condition, but there always better condition. Tentu dengan terus memperhatikan timing  and process. Admin yang terbina dengan baik akan menghasilkan Koordinator Admin di fasil yang lebih baik, tanpa mengabaikan karakter bawaan dari setiap pribadi.

Kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan oleh pengurus terangkum dalam program-program dan event dahsyat. Semua itu disiapkan sebagai bagian dari aktivitas dakwah yang berkesinambungan dalam menjaga stabilitas komitmen member. Aneka ragam jenis program yang menyesuaikan segmen dan minat member. Kegiatan-kegiatan ini menjadi penyeimbang dari dakwah Qur’an yang dilakukan sehari-hari. Aspek aqidah, fiqh, dan muamalah menjadi aspek pembelajaran yang harus diperhatikan dalam dakwah Qur’an ini sebagai satu kesatuan dakwah Islam. Mengingat, tidak sedikit member yang awam dengan Islam yang komprehensif.

Kegiatan Qur’ani yang dibungkus dalam program, penting untuk dilakukan evaluasi secara simultan. Ada feedback yang perlu disampaikan kepada pengurus agar program dapat berjalan sebagaimana mestinya dan terus alami perbaikan. Litbang mengambil peranan dalam proses evaluasi tersebut, bukan sebagai judge tetapi partner. Kami memberikan evaluation tools sebagai kewajiban bagi tiap elemen baik divisi, departemen, atau bidang yang didalamnya merencakan suatu program event atau non-event.

Evaluation tools yang disediakan Litbang bukanlah alat judgement tetapi alat ukur keberhasilan komunitas. Tools ini juga digunakan untuk melihat lebih dekat capaian riil dari tiap program yang mendukung perencanaan global komunitas. Tools ini merupakan  self evaluation sehingga Litbang hanya berkepentingan pada proses dan output dari program menunjang kesinambungan Komunitas jangka panjang. Proses identifikasi juga tidak kalah penting dilakukan Litbang dalam menanggapi berbagai program yang dijalankan pengurus agar Komunitas dapat melakukan capacity building.

Tingkat kepuasan member dan admin terhadap pelayanan yang diberikan oleh Komunitas untuk saat ini perlu dilakukan sebagai konsekuensi dari berkembangnya Komunitas semakin besar. Keinginan dan kebutuhan, Keperluan dan kemauan perlu untuk dipilah. Sehingga program yang dilahirkan sebagai pelayanan bagi member dapat dirasakan manfaatnya secara langsung dan dapat berlangsung lama. Kemunduran jumlah member Komunitas dalam setahun terakhir, layak dijadikan pelajaran atas perhatian Komunitas pada tingkat kepuasan member. Instrumen (alat ukur) kepuasan member harus segera disusun agar tingkat kepuasan member dapat terukur tiap tahun.

Komunitas ODOJ sebagai perwujudan dari virtual organization dengan jumlah member terbanyak dan diakui oleh negara, perlu memaksimalkan peranannya dalam masyarakat untuk terus membumikan tujuan mulianya. Untuk itu, peranan Litbang sebagai poros penyeimbang laju kembang Komunitas harus terus ditingkatkan agar kebutuhan member dapat terpenuhi dan keinginan masyarakat dapat terlayani dengan baik oleh pengurus di tingkat pusat dan area. Semoga Komunitas ODOJ menjadi virtual organization yang kuat, mandiri, dan lebih profesional.

Salam Satu Juz,

Allohu Akbar!!!

Iklan