Hmm.. Pagi ini dapat informasi mengejutkan dari seorang kawan. Dia satu kelas di kuliah Magister saat ini. Dia mengabarkan kalau kampus tempat nya bekerja mendapatkan Akreditasi baru institusi. Wew, luar biasa. Naik ke Akreditasi B. Prestasi yang bagus.

Sore tadi, coba berselancar di dunmay untuk cari Akreditasi tempat kuliah saat ini. BSNP sudah menyediakan akses langsung yang mudah bagi publik untuk tahu secara mandiri.

Betapa kagetnya saat mencari nama institusi tempat saya kuliah magister saat ini. Subhanalloh. Ternyata luar biasa, saya kuliah di kampus dengan Akreditasi Institusi C. Meskipun Akreditasi Program Studi yang saya jalani hampir 1 semester ini sudah B, tapi rasa hati ini benar-benar membuncah tak percaya.

Ada 3 poin penting yang saya bisa ambil ibroh (hikmah) dari peristiwa ini. Pertama, sebelum pilih kampus cek dulu Akreditasi Institusi nya. Kedua, setelah tahu Akreditasi Institusi nya, cek juga Akreditasi Program Studi yang akan dipilih. Ketiga, cek fasilitas kampus secara langsung agar lebih meyakinkan. Oia, jangan terkecoh dengan brosur ya karena itu hanya alat/bahan marketing kampus saja. Bisa jadi realita nya tidak seperti yang Anda bayangkan saat membaca brosur.

Oke, selamat memilih kampus dan prodi yang sesuai dengan hati nurani Anda. Kalau mau jadi dosen, jangan lupa harus linier ya.. 🙂

Iklan