Ini adalah kali ketiga saya mengikuti Training DOGMIT Guru Melek IT yang diselenggarakan oleh Pak Sukani. Kali pertama saya mengikuti kelas pembuatan animasi presentasi menggunakan Focusky. Kali kedua, saya ikuti kelas pembuatan video pembelajaran yang menarik memanfaatkan aplikasi Videosribe from Sparkol. Nah, terakhir. Sekarang ini saya sedang ikuti kelas pembuatan tes online, analisis tes, dan beberapa materi lainnya yang menarik untuk para guru kuasai.

“Wuih, ketagihan lho ikut training DOGMIT.. hahaha.. gue mah ogah ikut training begitu. Emang enak apa training kayak gitu..,” canda seorang guru yang menjadi kawan saya beberapa tahun terakhir mengajar. Saya cuma senyum saja sebelum menjawab panjang dikali lebar sama dengan luas. Percuma saya koar-koar ke kawan saya ini kalau memang sejak awal dia belum paham tentang teknik training ini membimbing pesertanya, dan bagaimana asyiknya mengaplikasikan ilmu itu setelah kita selesai ikut training.

“Gue ikut DOGMIT bukan sekedar cari ilmu, tapi juga cari silaturahim. Gue dapet banyak kawan guru baru dari seantero Indonesia disini. Waktu itu gue ketemu guru dari kalimantan dan sumatera. Yang mungkin notabene, disana internet belum terlalu kuat. Mungkin jaringan kuat hanya ada di kota-kota besar dan itupun cuma beberapa provider ajah yang bisa,” tukas saya menjelaskan kepada kawan saya ini.

“Meski begitu, ilmu yang gue dapet dari training ini ciamik banget. Pernah kan lho liat gue ngajar pake projector dan gue pake beberapa video pembelajaran hasil karya gue sendiri? Nah itu dia. Gue juga pernah pake aplikasi presentasi semisal powerpoint, tapi dicampur animasi. Lebih asyik ngeliatnya. Anak-anak belajar juga lebih enjoy karena mereka punya guru yang berkompeten bukan cuma tentang mata pelajaran yang diampu, tapi juga jago untuk urusan IT.. Gak gaptek dan juga gak kudet..,” tambah saya.

Barulah dia mikir tentang jawaban-jawaban saya. Apalagi setelah saya jelaskan kalau training ini biaya nya murah banget dan bisa diakses dimana saja, asal ada internet ya. Disinilah kegunaan dari duit tunjangan sertifikasi guru, untuk peningkatan kompetensi guru dalam jenjang waktu tertentu. Gak sebandinglah antara duit yang didapat dengan biaya training yang dikeluarkan. Ini lebih jelas daripada itu sertifikatnya digadai buat jaminan beli mobil kan, hehe… 🙂

Nah, sobat pembaca dimanapun Anda berada. Ilmu yang saya dapat di training ini gak sebanding sebenarnya dengan biaya yang dikeluarkan. Berkat saya belajar disini, saya bisa mengajarkan banyak guru sejawat yang kuliah magister teknologi pendidikan bersama saya. Mereka kebanyakan awam IT. Disinilah peranan guru sebagai agent of change (agen perubahan) dalam proses perbaikan pendidikan Indonesia.

Usia bukan penghalang untuk belajar. Meski sudah dipenghujung akhir dari karir kepegawaian, tetaplah berpikir positif untuk selalu memberikan yang terbaik kepada pendidikan Indonesia. Terus memberikan yang terbaik untuk siswa-siswa kita di sekolah. Tak pandang dielukan oleh atasan dan sejawat. Semangat untuk meningkatkan kompetensi harus selalu digelorakan dalam setiap jiwa Oemar Bakrie yang tulus mengabdi untuk bangsa dan negara.

Masih banyak rekan-rekan guru yang masih malu-malu untuk ikut gabung training ini. Disini saya ingin katakan kepada mereka, ayo bergabunglah. Klik website ini https://trainergurumelekit.wordpress.com lalu daftar program yang Anda inginkan sebelum Anda menyesal tidak ikut training yang luar biasa ini. Saya aja ketagihan, Bapak/Ibu guru harus coba!!

Iklan